@article{eprints17431, month = {Februari}, title = {PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA SISWA KELAS VIII-D SEMESTER GANJIL SMPN 23 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011}, author = {Danimah Nurman 0913066005}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/17431/}, abstract = {Abstrak Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran kemampuan menulis surat dinas siswa rendah, nilai rata-rata 60,87. Hal ini belum mencapai KKM yang dtentukan yaitu 67,00. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran kemampuan menulis dengan menggunakan metode pemberian tugas, pada siswa kelas VIII-D semester ganjil SMP N 23 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 20010/201 1 , dengan subjek penelitian berjumlah 32 orang yang terdiri atas 16 putri dan 16 putra. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada siklus satu, pembelajaran menulis menerapkan metode pemberian tugas secara kelompok, dan siklus dua, pembelajaran menulis menerapkan metode pemberian tugas secara individu. Danimah Nurman Aspek yang yang diamati pada setiap siklus adalah aktivitas siswa dan guru, serta proses pembelajaran menulis dengan menerapkan metode pemberian tugas. Hasil penelitian kemampuan menulis surat dinas setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus satu nilai rata-rata siswa 63,59 dengan persentase 59,38\% siswa yang mencapai KKM 19 siswa, sedangkan siswa yang tidak mencapai KKM 13 siswa. Pada siklus dua nilai rata-rata siswa 83,71 dengan persentasi 93,75\%, siswa yang mencapai KKM 30 siswa, sedangkan yang tidak mencapai KKM 2 siswa. Berdasarkan indikator keberhasilan pada siklus dua, bahwa metode pemberian tugas yang diterapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis pada siswa kelas VIII-D SMP N 23 Bandar Lampung.} }