TY - JOUR ID - eprints17447 UR - http://digilib.unila.ac.id/17447/ A1 - 1013116027, Sri Andayani Y1 - 2012/02/02/ N2 - Abstrak Pembelajaran menulis khusunya menulis kembali berita yang dibacakan ke dalam berapa kalimat merupakan suatu permasalahan yang perlu dibenahi, meskipun pembelajaran menulis kembali berita yang dibacakan ke dalam berapa kalimat sudah sering diberikan kepada siswa, namun hasil yang diharapkan belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat kemampuan siswa dalam menulis kembali berita yang dibacakan ke dalam berapa kalimat yang meliputi beberapa unsur diantaranya (1) kesesuaian isi berita, (2) ketepatan isi berita yang ditulis dengan yang dibacakan, (3) keefektifan kalimat, (4) ketepatan ejaan dan tanda baca, dan (5) kepaduan pargraf. Penelitian ini merupakan upaya peningkatan kemampuan siswa dalam menulis kembali berita yang dibacakan ke dalam berapa kalimat melalui teknik pelatihan pada siswa kelas VII.C SMP Karya Bhakti Gading Rejo Kabupaten Pringsewu yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 27 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengobservasian, dan refleksi. Pada siklus I setiap siswa menulis menulis kembali berita yang dibacakan ke dalam berapa kalimat dengan berita yang berjudul ?Aktivitas Gunung Merapi? dan pada siklus II berita mengenai ?Wabah DBD?. Aspek yang dinilai pada setiap siklus adalah aktivitas siswa dan guru. Hasil evaluasi pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa belum optimal. Pada siklus II dalam proses pembelajaran dan latihan menulis kembali berita yang dibacakan ke dalam berapa kalimat guru memberikan latihan dengan mengadakan bimbingan kepada siswa. Hasil evaluasi siklus II menunjukkan prestasi belajar siswa meningkat karena sesuai dengan indikator kerja yang menyatakan penelitian tindakan kelas berhasil, jika hasil belajar siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal sebesar 75%. Hasil penelitian kemampuan menulis kembali berita yang dibacakan ke dalam berapa kalimat pada setiap siklus terdapat peningkatan. Prasiklus siswa yang sudah mencapai KKM 9 orang dengan persentase 33,33%, siswa yang belum mencapai KKM 18 orang dengan persentase 66,67%. Siklus I siswa yang mencapai KKM 1 2 orang dengan persentase 44,44%, dan yang belum mencapai KKM 1 5 orang dengan persentase 55,56%. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM 22 orang dengan persentase 81 ,48%, siswa yang belum mencapai KKM 5 orang dengan persentase 18,52%. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I meningkat 11,11% dan dari prasiklus ke siklus II sebesar 48,15%. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa teknik pelatihan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis kembali berita yang dibacakan ke dalam berapa kalimat pada siswa kelas VII SMP Karya Bhakti Gading Rejo Pringsewu sehingga mencapai tujuan yang telah ditetapkan, yaitu tercapai KKM sekolah untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia 65,00. JF - Digital Library TI - PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KEMBALI BERITA YANG DIBACAKAN KE DALAM BEBERAPA KALIMAT PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL SMP KARYA BHAKTI GADING REJO KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2011/2012 AV - restricted ER -