%0 Journal Article %A 0543024051, YOHAMINTIN %D 2010 %F eprints:17452 %J Digital Library %T PROFIL KOMPETENSI GURU KELAS VI DALAM MELAKUKAN PENILAIAN HASIL BELAJAR IPA DI SDN SE-KECAMATAN RAJA BASA BANDAR LAMPUNG T.P. 2009/2010 %U http://digilib.unila.ac.id/17452/ %X khususnya kompetensi guru dalam menerapkan prinsip-prinsip penilaian dalam melakukan penilaian hasil belajar siswa. Metode sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, sehingga sampel yang diperoleh adalah guru kelas VI SDN yang berlatar belakang pendidikan S1 yang mengajar IPA. Data penelitian ini adalah data kuantitatif. Data kuantitatif berupa data skor kinerja guru dalam melakukan penilaian hasil belajar IPA yang diperoleh dari angket, wawancara, lembar observasi, dan data skor penilaian produk soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar guru kelas VI SDN yang berlatar belakang pendidikan S1 berkriteria sedang dalam melakukan penilaian hasil belajar IPA di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Raja Basa Bandar Lampung menurut standar penilaian yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2007. Sebagian kecil guru yang berkriteria tinggi dan tidak ada yang berkriteria rendah. Kata kunci : Kompetensi guru, penilaian, hasil belajar.