%0 Journal Article %A 1013124004, MARWATI %D 2012 %F eprints:17459 %J Digital Library %T PENINGKATAN KEMAMPUAN PARAFRASA MELALUI TEKNIK DISKUSI PADA SISWA KELAS VI-A SD NEGERI 4 TALANGPADANG TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/17459/ %X Abstrak Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa dalam memparafrasakan puisi melalui teknik diskusi. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan kemampuan siswa kelas VI-A SD Negeri 4 Talangpadang dalam menulis parafrasa melalui teknik diskusi. Metode dalam penelitian ini menggunakan teknik penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI-A semester ganjil Siswa Negeri 4 Talangpadang dengan jumlah 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus yang diamati adalah aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memparafrasa puisi setiap siklus mengalami peningkatan. Pada prasiklus nilai rata-rata 52,70, siswa yang tuntas 7 orang dengan persentase 29,1 6% dan siswa yang belum tuntas 17 orang dengan persentase 70,84%. Pada siklus I nilai rata-rata 61,87, siswa yang tuntas 11 orang dengan persentase 45,83% dan siswa yang tidak tuntas 13 orang dengan persentase 54,17%. Pada siklus II nilai rata-rata 81,04, siswa yang tuntas 20 orang dengan persentase 83,3% dan siswa yang tidak tuntas 4 orang dengan persentase 16,7% dengan aktivitas siswa siklus I 68,57% dan mengalami peningkatan pada siklus II 85,71%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknik diskusi dapat meningkatkan kemampuan parafrasa siswa kelas VI A SD Negeri 4 Talang padang sesuai dengan tujuan yang diharapkan.