TY - JOUR ID - eprints17469 UR - http://digilib.unila.ac.id/17469/ A1 - 1013124005, Misyati Y1 - 2012/02/03/ N2 - Abstrak Masalah dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita anak dengan teknik discovery pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Sukarame Talangpadang Tanggamus tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita anak melalui teknik discovery pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Sukarame Tanggamus tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri I Sukarame yang berjumlah 24 siswa. Setiap siklus menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis dan nontes. Instrumen tes tertulis digunakan untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita anak, sedangkan instrumen nontes digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran. Berdasarkan analisis data, diketahui pada prasiklus, siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas. Pada prasiklus, nilai rata-rata kelas 54,33 dengan persentase ketuntasan sebesar 39,28%. Siklus I peningkatan dari nilai rata-rata prasiklus sebesar 11,84 dan nilai rata-rata kelas 66,17 dengan persentase ketuntasan sebesar 66,67%. Siklus II mengalami peningkatan hasil belajar dari nilai rata-rata siklus I sebesar 9,83 dan nilai rata-rata 76,00 persentase ketuntasan sebesar 91,67%. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa pada setiap siklusnya. Hal tersebut terlihat pada keaktifan dan keantusiasan siswa dalam mengikuti pembelajaran melalui teknik discovery. Demikian juga dengan aktivitas guru mengalami peningkatan dalam mengelola kegiatan pembelajaran dari setiap siklusnya. Siklus I persentase aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran mencapai 60%. Siklus II meningkat menjadi 80%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknik discovery dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita anak. JF - Digital Library TI - Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Anak Melalui Teknik Discovery pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Sukarame Talangpadang Tanggamus Tahun Pelajaran 2011/2012 AV - restricted ER -