TY - JOUR ID - eprints17477 UR - http://digilib.unila.ac.id/17477/ A1 - 1013124006, MUSTIKAWATI Y1 - 2012/01/14/ N2 - Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar seri dalam peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi dan meningkatkan hasil pembelajaran keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri 3 Kedaloman Kecamatan Gunung Alip Kabupaten Tanggamus tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 28 orang siswa SD Negeri 3 Kedaloman Kecamatan Gunung Alip Kabupaten Tanggamus tahun pelajaran 2011/2012. Hasil analisis data adalah sebagai berikut: (1) kemampuan siswa mengarang deskripsi berdasarkan media gambar seri tergolong baik. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata kelas yaitu, 70,12, (2) pemanfaatan media gambar seri memiliki dampak positif dalam meningkatkan proses dan hasil pembelajaran keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SD Negeri 3 Kedaloman Kecamatan Gunung Alip Kabupaten Tanggamus yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I (71,43%) dan siklus II (82,29%). Simpulan penelitian ini berlaku untuk populasi, yaitu siswa kelas V SD Negeri 3 Kedaloman Gunung Alip Kabupaten Tanggamus. JF - Digital Library TI - PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGARANG DESKRIPSI BERDASARKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 KEDALOMAN TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2011/2012 AV - public ER -