%A ROZA ELYA 1013124008
%J Digital Library
%T PENINGKATAN KEMAMPUAN BERWAWANCARA MELALUI
TEKNIK PEMODELAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1
PURWODADI GISTING TANGGAMUS
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
%X Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berwawancara
dengan teknik pemodelan pada siswa kelas V SD Negeri 1 Purwodadi Gisting
Tanggamus tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini mendiskripsikan
peningkatan kemampuan berwawancara melalui teknik pemodelan pada siswa
kelas V SD Negeri 1 Purwodadi Gisting Tanggamus tahun pelajaran 2011/2012.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan
kelas dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas V SD Negeri I
Purwodadi. Tiap-tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi,
dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes perbuatan dan nontes. Tes
perbuatan digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam
berwawancara, sedangkan nontes hanya pada observasi digunakan untuk
mengukur kualitas pembelajaran.
Berdasarkan analisis data penelitian, diketahui pada siklus I dan siklus II
menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas. Siklus I, nilai rata-rata kelas 64
dengan persentase ketuntasan klasikal 32%. Siklus II mengalami peningkatan dari
nilai rata-rata dari siklus I sebesar 9 dengan nilai rata-rata kelas 73 dengan
persentase ketuntasan klasikal 79%. Hasil observasi selama proses pembelajaran
menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa pada tiap siklus. Siklus II siswa
semakin aktif dan antusias dalam pembelajaran, karena siswa mulai senang dan
menikmati pembelajaran berwawancara dengan teknik pemodelan yang
diterapkan guru. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknik pemodelan
dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V SD Negeri 1 Purwodadi dalam
berwawancara.
%D 2012
%L eprints17501