TY - JOUR ID - eprints17525 UR - http://digilib.unila.ac.id/17525/ A1 - 0923031045, Tri Hartoto Y1 - 2011/01/14/ N2 - Pembelajaran sejarah dibelajarkan di sekolah agar siswa memperoleh kemampuan berfikir historis dan pemahaan sejarah, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Peningkatan aktivitas belajar sejarah siswa kelas X semester ganjil SMAN I Trimurjo setelah dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (2) Peningkatan hasil belajar sejarah siswa kelas X1 semester ganjil SMAN I Trimurjo setelah dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Untuk meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar siswa, menggunakan penelitian tindakan kelas (Classrom Action Reserch) dengan pendekatan kualitatif diimplementasikan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sejarah ,,Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan test uraian Hasil dari pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran sejarah siswa SMA Negeri I Trimurjo Lampung Tengah, kelas X Tahun Pembelajaran 2010 ? 2011 dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, yaitu dari 15 siswa atau 45,45% pada siklus I, menjadi 27 siswa atau 81,81% siklus II, dan 30 siswa atau 90,90% pada siklus III. Meningkatkan Hasil belajar siswa dari 63,63% (21 siswa) pada siklus I, manjadi 78,78 %(26) ada siklus II, 100% (33) pada siklus III. JF - Digital Library TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I TRIMURJO LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN2010-2011 AV - public ER -