@misc{eprints1754, month = {Oktober}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CORE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN PENGUASAAN KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN}, author = {AFDAL BAHRI Zulbahri}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/1754/}, abstract = {Tujuan penilitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran CORE dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Nege-ri 8 Bandarlampung semester genap Tahun 2012-2013 dengan kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sam-pling. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain Non Equivalent Control Group. Efektivitas model pembelajaran CORE diukur berdasarkan peningkatan gain yang signifikan dan uji perbedaan dua rata rata (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan rerata N-gain keterampilan mengkomunikasikan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,46 dan 0,62; dan rerata N-gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,47 dan 0,57. Berdasarkan uji-t, disimpulkan bahwa model pembelajaran CORE Afdal Bahri efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan. Kata kunci : CORE , Keterampilan mengkomunikasikan, penguasaan konsep} }