title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CORE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN PENGUASAAN KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN creator: Zulbahri, AFDAL BAHRI subject: HE Transportation and Communications subject: LB Theory and practice of education subject: QD Chemistry description: Tujuan penilitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran CORE dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Nege-ri 8 Bandarlampung semester genap Tahun 2012-2013 dengan kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sam-pling. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain Non Equivalent Control Group. Efektivitas model pembelajaran CORE diukur berdasarkan peningkatan gain yang signifikan dan uji perbedaan dua rata rata (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan rerata N-gain keterampilan mengkomunikasikan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,46 dan 0,62; dan rerata N-gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,47 dan 0,57. Berdasarkan uji-t, disimpulkan bahwa model pembelajaran CORE Afdal Bahri efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan. Kata kunci : CORE , Keterampilan mengkomunikasikan, penguasaan konsep publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2014-10-11 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1754/1/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1754/2/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1754/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1754/4/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1754/5/HALAMAN%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1754/6/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1754/7/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1754/8/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1754/9/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1754/10/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1754/11/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1754/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1754/13/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf identifier: Zulbahri, AFDAL BAHRI (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CORE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN PENGUASAAN KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/1754/