TY - JOUR ID - eprints17557 UR - http://digilib.unila.ac.id/17557/ A1 - 0341031121, Astri Fitria Permatasari Y1 - 2012/02/06/ N2 - Abstrak Pengungkapan pertanggungjawaban sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi suatu item yang dipandang perlu oleh perusahaan. Peraturan yang mengatur pelaksanaan CSR pun sudah mulai diterbitkan. Pertanggungjawaban sosial mulai dianggap perusahaan sebagai suatu citra untuk menaikan nilai perusahaan dimata para stakeholder. Masyarakat kini pun mulai kritis terhadap hal-hal yang dilakukan perusahaan terhadap alam dan lingkungan, baik lingkungan disekitar perusahaan maupun lingkungan didalam perusahaan. Penelitian ini mencoba mengkaji apakah terdapat hubungan antara karakteristik perusahaan(ukuran perusahaan, profitabilitas,likuiditas, dan leverage) dengan pengungkapan sosial perusahaan. Sampel yang digunakan adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang telah melaporkan laporan tahunnannya pada tahun 2003, 2004, 2005, 2006 dan 2007. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan pengolahan dan analisisnya menggunakan regresi berganda, dengan bantuan SPSS. Hasil pengujian menunjukan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan sosial perusahaan sedangkan profitabilitas, likuiditas, dan leverage tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan sosial perusahaan. Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian Sembiring yang menemukan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan sosial perusahaan. Profitabilitas dan leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan sosial sejalan juga dengan penelitian Sembiring (2005). Likuiditas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan sosial sejalan dengan penelitian Marwata (2006). Kata kunci: laporan tahunan, pengungkapan, pengungkapan sosial, karakteristik perusahaan. Abstract The expression of social company?s responsibility or Corporate Social Responsibility (CSR) is an item that looked at necessary by company. Regulations that regulate execution CSR even also begin to be published. Social responsibility begins assumed to company as image to promoted value companies stakeholder. Society begins critical towards matters which are done by company towards nature and environment, good environment company and also environment Insides Company. This research try to study whether found connection between characteristics of company (company?s size, profitability, liquidity, and leverage) with social companies? expression. Sample that used by company is registered mining at Indonesia stock exchange that report in the year 2003,2004,2005,2006 and 2007. Research method use descriptive co relational with processing and the analysis by using doubled regression, constructively SPSS. Testing result demos that size companies influential towards social companies? expression, while profitability, liquidity, and leverage does not has influence towards social companies? expression. This research result is in line with research Sembiring that finds the size companies influential towards social companies? expression. Profitability and leverage does not have influential towards social expression and also with Sembiring?s research (2005). Liquidity does not influential towards social expression in Marwata?s research (2006). Keyword: annual report, expressing, social expression, company?s characteristics. JF - Digital Library TI - PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN SOSIAL PERUSAHAAN PADA INDUSTRI PERTAMBANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA AV - public ER -