%0 Journal Article %A 0311011052, Dwi Cahyo Arishanti %D 2012 %F eprints:17592 %J Digital Library %T ANALISIS PERILAKU KONSMEN DALAM PENGGUNAAN KREDIT PADA BANK RAKYAT INDONESIA CABANG PEMBANTU NATAR %U http://digilib.unila.ac.id/17592/ %X Abstrak Bank Rakyat Indonesia Cabang Pembantu Natar merupakan salah satu Bank di Provinsi Lampung yang turut mengembangkan pertumbuhan ekonomi daerah dalam rangka pembangunan nasional. Sejak dulu BRI Cabang Pembantu Natar sudah berkonsentrasi pada nasabah dari kalangan mikro, kecil, dan menengah. Masalah yang dihadapi BRI Cabang Pembantu Natar adalah belum tercapainya target pemasaran. Salah satu penyebabnya adalah BRI Cabang Pembantu Natar dalam pengelolaannya masih kurang memahami perilaku nasabahnya. Permasalahan yang diangkat adalah apakah faktor ekstern yang terdiri dari kebudayaan, kelas sosial, kelompok referensi, keluarga dan faktor intern yang terdiri dari motivasi, persepsi, belajar, konsep diri,sikap mempengaruhi nasabah kredit dalam penggunaan kredit pada BRI Cabang Pembantu Natar. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui apakah faktor ekstern dan intern mempengaruhi perilaku nasabah dalam penggunaan kredit pada BRI Cabang Pembantu Natar dan faktor manakah yang lebih mempengaruhi. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh positif antara perilaku nasabah dalam penggunaan kredit pada BRI Cabang Pembantu Natar dengan faktor ekstern dan intern. Data diperoleh melalui nonprobabilitas/nonacak (Purposive Sampling) dimana besarnya sampel yaitu 78. Hasil analisis kuantitatif dengan uji Konkordansi Kendall (W)  secara parsial pada derajat kebebasan N-1 = 77 dan tingkat kepercayaan 95% ( =5%) diperoleh nilai W faktor ekstern sebesar 0,431 dan X2 faktor ekstern lebih besar dari X2 tabel (100,829 > 98,484). Nilai W faktor intern sebesar 0,718 dan X2 faktor intern lebih besar dari X2 tabel (223,913 > 98,484), hal ini membuktikan bahwa faktor intern lebih mempengaruhi perilaku nasabah dalam penggunaan kredit daripada faktor ekstern. Agar dapat membina keloyalan nasabah terhadap perusahaan sekaligus menarik nasabah baru, sebaiknya BRI Cabang Pembantu Natar lebih mengoptimalkan promosi produk kreditnya, serta memberikan fasilitas, kemudahan, kenyamanan, dan pelayanan yang lebih baik bagi nasabah. Abstract Bank Rakyat Indonesia Natar Branch is one of the Bank in Lampung Province who helped develop the regional economic growth within the framework of national development. Since the first BRI Branch Natar been concentrating on customers from among micro, small and medium enterprises. The problems faced Natar BRI Branch is not achieving the target of marketing. One possible cause is the BRI branch in its management Natar still less to understand the behavior of its customers. The problem raised is whether external factors consisting of cultural, social class, reference groups, family and internal factors consisting of motivation, perception, learning, self concept, attitudes affect the credit customers in the use of credit at BRI Branch Natar. The objective is to determine whether external and internal factors influencing customer behavior in the use of credit at BRI Branch Natar and one which is most affecting factor. The hypothesis proposed is that there is a positive influence between the behavior of customers in the use of credit at BRI Branch Natar by external and internal factors. Data obtained through nonprobabilitas (purposive sampling) where the sample size is 78. Results of quantitative analysis with Kendall's Concordance Test (W) partially on the degree of freedom N-1 = 77 and 95% confidence level (= 5%) obtained a value of 0.431 W and the external factors, external factor X2 is greater than X2 table (100.829> 98.484 ). W value of 0.718 and internal factors, internal factors X2 is greater than X2 table (223.913> 98.484), this further proves that the internal factors influencing customer behavior in the use of credit rather than external factors. In order to foster customer loyalty to the company as well as attract new customers, better BRI Branch Natar further optimize promotional credit products, and provides facilities, convenience, comfort, and better service for customers.