%0 Generic %A , Erwin Gunawan %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:1762 %I Fakultas Ekonomi %T PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN NKEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia) %U http://digilib.unila.ac.id/1762/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dan pengaruh kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan. Nilai perusahaan dalam penelitian ini diproksi dengan nilai Tobin’s Q. Pengumpulan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling terhadap perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009 sampai 2011. Sebanyak 30 perusahaan manufaktur digunakan sebagai sampel. Metode analisis dari penelitian ini menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: corporate social responsibility, kepemilikan manajerial, dan nilai perusahaan