TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints1763 UR - http://digilib.unila.ac.id/1763/ A1 - Sujono, ANGGUN YOSIE PASEMAWATI Y1 - 2014/08/12/ N2 - Siswa sering dihadapkan pada konsep pembelajaran kimia yang abstrak. Untuk mengatasi miskonsepsi yang sering dialami para siswa, maka perlu dilakukan pengembangan media animasi pembelajaran. Pembelajaran kimia yang berlang-sung selama ini umumnya hanya pada dimensi makroskopis dan simbolik, sedang-kan dimensi submikroskopis seringkali diabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media animasi kimia berbasis representasi kimia pada materi reaksi oksidasi reduksi. Metode penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan me-nurut Sugiyono (2008) yang secara garis besar terdiri dari tiga tahap yaitu (1) ana-lisis kebutuhan, (2) perencanaan dan pengembangan dan (3) evaluasi produk. Ha-sil penelitian ini adalah produk pengembangan berupa media animasi berbasis re-presentasi kimia pada materi reaksi oksidasi reduksi yang memiliki karakteristik yaitu 1) menampilkan materi reaksi yang dijelaskan melalui representasi kimia, 2) memiliki bagian-bagian berupa opening, petunjuk penggunaan, SK, KD, indikator, materi perkembangan konsep dan tata nama, profil pengembang, dan tombol ke-luar dari program, 3) memiliki tingkat kesesuaian isi yang tinggi 80 % menurut guru dan memiliki tingkat kemenarikan yang tinggi yaitu 83,45 % menurut siswa. Anggun Yosie Pasemawati iii Dari hasil tanggapan guru dan siswa diketahui bahwa media animasi berbasis re-presentasi kimia pada materi reaksi oksidasi reduksi tersebut dapat membuat siswa lebih cepat memahami materi. Kata kunci : media animasi, reaksi oksidasi reduksi, representasi kimia PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI REAKSI OKSIDASI REDUKSI AV - restricted ER -