%A ANTON HARMOKO Kotiman %T EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI TERMOKIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN INFERENSI %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Learning Cycle 3E pada materi termokimia dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasi-kan dan inferensi. Penelitian menggunakan metode preexperimental dengan Static Group Comparison or Posttest Only With Nonequivalent Control Groups. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA YP Unila Bandar Lampung. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA3 dan XI IPA4. Efektivitas model Learning Cycle 3E diukur berdasarkan perbedaan rerata nilai posttest dan uji-t yang signifikan. Nilai rerata posttest keterampilan mengkomunikasikan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 69,90 dan 64,27; dan nilai rerata posttest ke-terampilan inferensi kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 64,00 dan 59,62. Hasil uji-t menunjukkan bahwa model Learning Cycle 3E efektif dalam me-ningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan inferensi. Kata kunci: keterampilan inferensi, keterampilan mengkomunikasikan, model learning cycle 3E %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints1764