TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints1765 UR - http://digilib.unila.ac.id/1765/ A1 - Almarhum Wajimin, ANUNG PRASETYA Y1 - 2014/06/12/ N2 - Materi kimia meliputi konsep yang kompleks, akibatnya banyak siswa mengang-gap bahwa kimia itu sulit untuk dipahami, maka dilakukan pengembangan buku ajar larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis representasi kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis representasi kimia, serta mendeskripsikan karakteristik buku ajar, tanggapan guru dan respon siswa terhadap buku ajar, serta mengetahui kendala-kendala dan faktor pendukung yang ditemui ketika mengembangkan buku ajar larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis representasi kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (R&D). Dari hasil uji coba terbatas diperoleh data bahwa kesesuaian isi buku ajar dengan kurikulum sangat tinggi sebesar 91,67 %, aspek grafika/kemenarikan buku ajar sangat tinggi sebsar 94 % dan tingkat keterbacaan buku ajar larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis representasi kimia ini sangat tinggi sebesar 90,98 %. Siswa dan guru merespon baik buku ajar kimia yang dikembangkan. Kata kunci : buku ajar, larutan elektrolit dan non elektrolit, representasi kimia PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN BUKU AJAR LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT BERBASIS REPRESENTASI KIMIA AV - restricted ER -