%A ARIA ADITIA JAYA Ahmad Syarifudin %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KOLOID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas model pembe-lajaran inkuiri terbimbing pada materi koloid untuk meningkatkan keterampilan menginferensi dan penguasaan konsep siswa SMAN 1 Seputih Mataram. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA semester genap SMA Negeri 1 Seputih Mataram tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 93 siswa dan tersebar dalam tiga kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilihlah kelas XI IPA2 dan XI IPA3 semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013 SMAN 1 Seputih Mataram yang memiliki kemampuan dasar yang hampir sama. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Non Equivalent Control Group. Efektivitas model pembelajaran imkuiri terbimbing diukur berdasarkan pening-katan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji-t. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan menginferensi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,35 dan 0,60; dan rerata n-Gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,38 dan 0,67. Berdasarkan uji t, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki keterampilan menginferensi dan penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan menginferensi dan penguasaan konsep siswa. Kata kunci: keterampilan menginferensi, koloid, pembelajaran inkuiri terbimbing, penguasaan konsep. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints1766