@misc{eprints1767, month = {September}, title = {EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 6E PADA MATERI KOLOID DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN}, author = {CITRA NIKA DIANITA Tabi?i}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/1767/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Learning Cycle 6E pada materi koloid dalam meningkatkan keterampilan mengelompokan dan mengkomunikasikan. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA YP Unila Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2012-2013 dengan kelas XI IPA2 dan kelas XI IPA4 sebagai sampel. Efektivitas model Learning Cycle 6E diukur berdasarkan perbedaan n- Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan mengelompokkan untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,65 dan 0,49; serta rata-rata n-Gain keterampilan mengkomunikasikan untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,69 dan 0,59. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat kesimpulan bahwa model Learning Cycle 6E efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan pada materi koloid. Kata kunci: keterampilan mengelompokkan, keterampilan mengkomunikasikan, model Learning Cycle 6E} }