TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints1769 UR - http://digilib.unila.ac.id/1769/ A1 - Muladi, DONNY PRAMANALADI Y1 - 2014/06/11/ N2 - Konsep kimia banyak yang bersifat abstrak. Pembelajaran kimia yang berlangsung selama ini umumnya hanya pada dimensi makroskopis dan simbolik, sedangkan dimensi submikroskopis seringkali diabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk me-ngembangkan media animasi berbasis representasi kimia pada pokok bahasan partikel materi. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan me-nurut Sugiyono (2008) yang secara garis besar terdiri dari tiga tahap yaitu (1) analisis kebutuhan; (2) perencanaan dan pengembangan dan; (3) evaluasi produk. Hasil penelitian ini adalah produk pengembangan berupa media animasi berbasis representasi kimia pada pembelajaran partikel materi yang memiliki karakteristik yaitu 1) menampilkan pokok bahasan partikel materi yang dijelaskan melalui representasi kimia; 2) memiliki bagian-bagian berupa opening, judul program, kata pengantar, petunjuk penggunaan, SK, KD, indikator, menu partikel materi, animasi partikel penyusun unsur, animasi partikel penyusun senyawa, animasi perbedaan molekul unsur dengan molekul senyawa, literatur, profil pengembang, dan tombol keluar dari program; 3) memiliki tingkat kesesuaian isi yang sangat tinggi yaitu 93% menurut guru dan menurut validator yaitu seorang iii ahli di bidang teknologi pendidikan media memiliki tingkat kesesuaian isi yang tinggi yaitu 80%, memiliki tingkat keterbacaan yanag sangat tinggi yaitu 94% menurut guru dan 91,69% menurut siswa, dan memiliki tingkat kemenarikan yang tinggi yaitu 86,70 % menurut siswa. Kata kunci : media animasi, partikel materi, representasi kimia PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA PEMBELAJARAN PARTIKEL MATERI AV - restricted ER -