TY - JOUR ID - eprints17729 UR - http://digilib.unila.ac.id/17729/ A1 - 0713023044 , Siti Destriyah N2 - Abstrak Ketepatan guru dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran berpengaruh pada penguasaan konsep siswa. Seringkali model yang dipakai mendorong siswa menjadi pencatat serta penghafal yang fasih dan pembelajaran kimia seolah-olah hanya sebatas terjadi di dalam sekolah tanpa adanya keterkaitan dengan lingkungan di sekitar mereka. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model siklus belajar PDEODE. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan model pembelajaran siklus belajar PDEODE yang efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi pokok kesetimbangan kimia. Model siklus belajar PDEODE terdiri dari 6 tahapan yakni predict-discuss-explain-observe discuss-explain. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA YP Unila Bandar Lampung kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA4 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan Non-equivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata n-Gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,12 dan 0,22. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran siklus belajar PDEODE menghasilkan n-Gain lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran siklus belajar PDEODE lebih efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa. Kata kunci : siklus belajar PDEODE, pembelajaran konvensional, dan penguasaan konsep. JF - Digital Library TI - EFEKTIVITAS MODEL SIKLUS BELAJAR PDEODE PADA MATERI POKOK KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA AV - restricted ER -