TY - JOUR ID - eprints17739 UR - http://digilib.unila.ac.id/17739/ A1 - 0743023052, Rosita Wardani Y1 - 2011/07// N2 - Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran Learning Cycle 3E dalam meningkatkan penguasaan konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit pada siswa SMA Negeri 5 Bandar Lampung. Model pembelajaran Learning Cycle 3E merupakan salah satu model pembelajaran yang terdiri dari 3 fase yaitu (1) Fase eksplorasi (exploration) ; (2) Fase pengenalan konsep (explaination); (3) Fase aplikasi konsep (elaboration). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa siswi kelas X SMAN 5 Bandar Lampung. Sampel penelitian ini adalah siswa siswi kelas X4 dan X5 SMAN 5 Bandar Lampung semester genap Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan meng gunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Efektivitas model Learning Cycle 3E diukur berdasarkan Rosita Wardani penebedaan N-gain yang signifikan anatara kedua sampel yang digunakan (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N gain penguasaan konsep kelas eksperimen 0,34 dan kelas kontrol 0,20. Berdasarkan hasil analisis data N-gain tersebut, menunjukkan bahwa penguasaan konsep yang diberi pembelajaran Learning Cycle 3E lebih tinggi daripada yang diterapkan pembelajaran konvensional. Selanjutnya untuk mengetahui apakah sampel ini berlaku untuk populasi, maka dilakukan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Learning Cycle 3E efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Kata kunci: pembelajaran Learning Cycle 3E, penguasaan konsep, larutan elektrolit dan nonelektrolit. JF - Digital Library TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT PADA SISWA SMAN 5 BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -