TY - JOUR ID - eprints17809 UR - http://digilib.unila.ac.id/17809/ A1 - 0813023046, Rizki Indah Lestari Y1 - 2011/07// N2 - Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan efektivitas model pembelajaran problem solving pada materi pokok hidrolisis garam dalam meningkatkan kete rampilan inferensi dan penguasaan konsep siswa SMAN 1 Way Jepara. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Way Jepara kelas XI IPA3 seba gai kelas eksperimen dan kelas XI IPA4 sebagai kelas kontrol semester Genap Tahun Ajaran 2011-2012 yang memiliki karakteristik hampir sama. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model problem solving ditunjukkan dengan uji-t dari n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan inferensi kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,66 dan 0,31; t?hitung (5,81) > ttabel (1,70). Rata-rata n-Gain penguasaan konsep kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,62 dan 0,19; thitung (9,44) > ttabel (1,67). Keterampilan inferensi dan penguasaan konsep hidrolisis garam yang diterapkan model pembelajaran problem solving lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving pada materi pokok hidrolisis garam efektif dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep. Kata kunci: model pembelajaran problem solving, keterampilan inferensi dan penguasaan konsep. JF - Digital Library TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP AV - restricted ER -