TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints1782 UR - http://digilib.unila.ac.id/1782/ A1 - Made Bandem, KADEK YULIYA DEWI ASTUTI Y1 - 2014/09/10/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Learning Cycle 6E dalam meningkatkan keterampilan prediksi dan penguasaan konsep koloid. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA YP Unila Bandar Lampung, dengan kelas XI IPA2 dan kelas XI IPA4 sebagai sampel. Efektivitas model Learning Cycle 6E diukur berdasarkan perbedaan N-gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen serta dengan uji perbedaan dua rata-rata (uji t). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata N-gain keterampilan prediksi untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu 0,56 dan 0,65; sedangkan rata-rata N-gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu 0,58 dan 0,73. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, didapat kesimpulan bahwa model Learning Cycle 6E efektif dalam meningkatkan keterampilan prediksi dan penguasaan konsep koloid. Kata kunci : model Learning Cycle 6E, keterampilan prediksi, dan penguasaan konsep PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 6E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PREDIKSI DAN PENGUASAAN KONSEP KOLOID AV - restricted ER -