TY - JOUR ID - eprints17829 UR - http://digilib.unila.ac.id/17829/ A1 - 1113118004, Joko Purnomo Y1 - 2012/02/05/ N2 - Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran gerak dasar lompat jauh pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Banyumas Prengsewu Tahun Pelajaran 2011/201 2, dengan penggunaan modifikasi alat bantu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan menggunakan 2 siklus. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 27 siswa, dengan jumlah 14 laki-laki dan 13 perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan menggunakan instrumen penilaian tes gerak dasar lompat jauh. Hasil penelitian menunjukkan: Siklus 1 dengan penggunaan modifikasi alat bantu keset, kardus dan matrass diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar 66,67%, Siklus 2 dengan penggunaan berupa papan tolakan (box) yang berukuran lebih lebar, matrass dan bola yang diletakan di tempat pendaratan diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar mengalami peningkatan menjadi 88,89 % hal ini berarti proses pembelajaran telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Pembelajaran gerak dasar lompat jauh dengan menggunakan pendekatan bermain dapat memperbaiki dan meningkatkan gerak dasar lompat jauh pada siswa-siswi kelas IV SD Negeri 2 Banyumas Prengsewu Tahun Pelajaran 2011/2012 JF - Digital Library TI - UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN METODE PEMBELAJARAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 BANYUMAS PRENGSEWU TAHUN PELAJARAN 2011/2012 AV - restricted ER -