@misc{eprints1783, month = {Juli}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN SISWA PADA MATERI KOLOID}, author = {LINIARTI Samsul Arfin}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/1783/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan meng-komunikasikan. Tahap, pembelajaran inkuiri terbimbing yang digunakan terdiri dari 5 tahap yaitu : (1) mengajukan permasalahan atau pertanyaan, ( 2) merumus-kan hipotesis, dan (3) mengumpulkan data, (4) analisis data, (5) membuat ke-simpulan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Perintis 1 Bandar Lampung kelas XI IPA3 dan kelas XI IPA4 semester genap Tahun Ajaran 2012-2013 yang memiliki karakter-istik hampir sama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain ke- terampilan menyimpulkan untuk kelas kontrol dan eksprimen masing-masing 0,34 dan 0,54; dan rerata n-Gain keterampilan mengkomunikasikan untuk kelas kontrol dan eksprimen masing-masing 0,41 dan 0,59. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat kesimpulan bahwa model inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimpul-kan dan mengkomunikasikan pada materi koloid. Kata kunci: keterampilan menyimpulkan dan mengkumunikasikan, Model inkuiri terbimbing} }