title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN SISWA PADA MATERI KOLOID creator: Samsul Arfin, LINIARTI subject: LB Theory and practice of education subject: QD Chemistry description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan meng-komunikasikan. Tahap, pembelajaran inkuiri terbimbing yang digunakan terdiri dari 5 tahap yaitu : (1) mengajukan permasalahan atau pertanyaan, ( 2) merumus-kan hipotesis, dan (3) mengumpulkan data, (4) analisis data, (5) membuat ke-simpulan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Perintis 1 Bandar Lampung kelas XI IPA3 dan kelas XI IPA4 semester genap Tahun Ajaran 2012-2013 yang memiliki karakter-istik hampir sama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain ke- terampilan menyimpulkan untuk kelas kontrol dan eksprimen masing-masing 0,34 dan 0,54; dan rerata n-Gain keterampilan mengkomunikasikan untuk kelas kontrol dan eksprimen masing-masing 0,41 dan 0,59. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat kesimpulan bahwa model inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimpul-kan dan mengkomunikasikan pada materi koloid. Kata kunci: keterampilan menyimpulkan dan mengkumunikasikan, Model inkuiri terbimbing publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2014-07-14 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1783/1/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1783/2/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1783/3/MENYETUJUI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1783/4/MENGESAHKAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1783/5/SURAT%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1783/6/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1783/7/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1783/8/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1783/9/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1783/10/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1783/11/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1783/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: archive identifier: http://digilib.unila.ac.id/1783/13/LAMPIRAN.zip identifier: Samsul Arfin, LINIARTI (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN SISWA PADA MATERI KOLOID. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/1783/