creators_name: Samsul Arfin, LINIARTI type: other datestamp: 2014-05-28 07:45:21 lastmod: 2014-05-28 07:45:21 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN SISWA PADA MATERI KOLOID ispublished: pub subjects: LB subjects: QD full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan meng-komunikasikan. Tahap, pembelajaran inkuiri terbimbing yang digunakan terdiri dari 5 tahap yaitu : (1) mengajukan permasalahan atau pertanyaan, ( 2) merumus-kan hipotesis, dan (3) mengumpulkan data, (4) analisis data, (5) membuat ke-simpulan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Perintis 1 Bandar Lampung kelas XI IPA3 dan kelas XI IPA4 semester genap Tahun Ajaran 2012-2013 yang memiliki karakter-istik hampir sama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain ke- terampilan menyimpulkan untuk kelas kontrol dan eksprimen masing-masing 0,34 dan 0,54; dan rerata n-Gain keterampilan mengkomunikasikan untuk kelas kontrol dan eksprimen masing-masing 0,41 dan 0,59. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat kesimpulan bahwa model inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimpul-kan dan mengkomunikasikan pada materi koloid. Kata kunci: keterampilan menyimpulkan dan mengkumunikasikan, Model inkuiri terbimbing date: 2014-07-14 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG related_url_type: pub citation: Samsul Arfin, LINIARTI (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN SISWA PADA MATERI KOLOID. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/1783/1/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1783/2/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1783/3/MENYETUJUI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1783/4/MENGESAHKAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1783/5/SURAT%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1783/6/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1783/7/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1783/8/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1783/9/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1783/10/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1783/11/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1783/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1783/13/LAMPIRAN.zip