title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI ASAM-BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENJELASAN SEDERHANA DAN PENJELASAN LANJUT SISWA creator: 0813023050, Susi Susanti subject: description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis masa lah pada materi asam-basa dalam meningkatkan keterampilan memberikan penje lasan sederhana dan penjelasan lanjut siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pringsewu tahun pelajaran 2011-2012 dengan kelas XI IPA1 dan XI IPA4 sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non-equivalent Control Group Design. Efektivitas pembelajaran berbasis masalah diukur berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan memberikan penjelasan sederhana untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol ber turut-turut adalah 0,40 dan 0,16; dan rata-rata n-Gain keterampilan memberikan penjelasan lanjut untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,31 dan 0,08. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa siswa di kelas yang diterapkan pembelajaran berbasis masalah memiliki keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan penjelasan lanjut yang lebih tinggi dibandingkan siswa di kelas yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkatkan keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan penjelasan lanjut siswa. Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan penjelasan lanjut. date: 2011-08 type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17830/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17830/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17830/3/COVER.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17830/4/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17830/5/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17830/6/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17830/7/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17830/8/PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17830/9/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17830/10/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17830/11/PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17830/12/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17830/13/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17830/14/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17830/15/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17830/16/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17830/17/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17830/18/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17830/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: 0813023050, Susi Susanti (2011) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI ASAM-BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENJELASAN SEDERHANA DAN PENJELASAN LANJUT SISWA. DIgital Library. relation: http://digilib.unila.ac.id/17830/