TY - JOUR ID - eprints17839 UR - http://digilib.unila.ac.id/17839/ A1 - 0543022013, Joni Andrianto Y1 - 2016/01/14/ N2 - Berdasarkan hasil wawancara dan observasi pada kelas X.3 SMAN 15 Bandar Lampung diketahui nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pelajaran fisika hasil ujian tengah semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 yaitu kurang dari 50. Nilai ini masih tergolong rendah dibandingkan dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 60. Rendahnya hasil belajar siswa diduga oleh kurangnya minat dan motivasi siswa. Salah satu yang digunakan guru untuk meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar adalah menggunakan media animasi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peningkatan minat belajar siswa menggunakan media animasi (2) Mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan media animasi (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media animasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Tindakan setiap siklus dalam penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi. Data penelitian diambil melalui lembar observasi yang berupa angket minat siswa, lembar observasi yang berupa angket motivasi siswa, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Penggunaan media animasi dapat meningkatkan minat siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I sebesar 73,00. Pada siklus II mengalami kenaikan sebesar 2,10 sehingga menjadi 75,10 dan pada siklus III mengalami kenaikan sebesar 3,52 sehingga menjadi 78,62. (2) Penggunaan media animasi dapat meningkatkan motivasi siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I sebesar 67,00. Pada siklus II mengalami kenaikan sebesar 1,00 sehingga menjadi 68,00 dan pada siklus III mengalami kenaikan sebesar 4,00 sehingga menjadi 72,00. (3) Penggunaan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I sebesar 48,97. Pada siklus II mengalami kenaikan sebesar 9,31 sehingga menjadi 58,28 dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 18,23 sehingga menjadi 76,51. Berdasarkan analisis diketahui juga faktor minat dan motivasi berkontribusi pada hasil belajar siswa. Kontribusi motivasi siswa terhadap hasil belajar yang baik itu lebih tinggi dari besar kontribusi minat terhadap hasil belajar siswa. Besar kontribusi minat dan motivasi siswa yang tinggi terhadap hasil belajar yang baik adalah sebesar 2,56% pada siklus I dan siklus II; dan meningkat pada siklus III meningkat sebesar 28,20% menjadi 30,76%. Secara umum penggunaan media pembelajaran animasi dapat meningkatkan minat, motivasi, dan hasil belajar siswa. JF - Digilib Library TI - PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA AV - public ER -