title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KOLOID DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR LANCAR creator: Mursalin Haiyun (Alm), MUHAMMAD ANDALAN subject: LB Theory and practice of education subject: QD Chemistry description: Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi koloid dalam meningkatkan keterampilan berpikir lancar yang merupakan salah satu indikator keterampilan berpikir kreatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012-2013 yang berjumlah 200 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA2 dan XI IPA3 semester Genap Tahun Pelajaran 2012-2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan berpikir lancar pada kelas kontrol sebesar 0,46 dan pada kelas eksperimen sebesar 0,63. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir lancar. Kata kunci : inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir lancar publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2014-12-17 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1785/1/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1785/2/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1785/3/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1785/4/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1785/5/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1785/6/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1785/7/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1785/8/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1785/9/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1785/10/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1785/11/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1785/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: archive identifier: http://digilib.unila.ac.id/1785/13/LAMPIRAN.zip identifier: Mursalin Haiyun (Alm), MUHAMMAD ANDALAN (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KOLOID DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR LANCAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/1785/