@misc{eprints1787, month = {Juni}, title = {ANALISIS KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN MENYIMPULKAN PADA MATERI KOLOID DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING}, author = {Maria Dwi Natalia Yohanes Satiyo}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/1787/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengkomunikasikan dan menyimpulkan pada materi sistem koloid melalui penerapan model pembela-jaran inkuiri terbimbing untuk siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA5 Tahun Ajaran 2012/2013 SMA Perintis 1 Bandar Lampung yang berjumlah 40 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan one ?shot case study design. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa keterampilan meng-komunikasikan, pada kelompok tinggi terdapat 70\% siswa berkriteria sangat baik, dan 30\% siswa berkriteria baik; Kelompok sedang terdapat 45,83\% siswa berkriteria sangat baik, 41,67\% siswa berkriteria baik dan 12,50\% siswa ber-kriteria cukup. Kelompok rendah terdapat 16,67\% siswa berkriteria sangat baik, 33,33\% siswa berkriteria baik, dan 50\% siswa berkriteria cukup. Untuk ke-terampilan siswa dalam menyimpulkan, pada kelompok tinggi terdapat 80\% siswa berkriteria sangat baik, dan 20\% siswa berkriteria baik; Kelompok sedang Maria Dwi Natalia terdapat 66,67\% siswa berkriteria sangat baik, dan 33,33\% siswa berkriteria baik; Kelompok rendah terdapat 33,33\% siswa berkriteria sangat baik, 66,67\% siswa berkriteria baik. Kata kunci : inkuiri terbimbing, keterampilan mengkomunikasikan, keterampilan menyimpulkan, kelompok kognitif} }