%0 Generic %A Yohanes Satiyo, Maria Dwi Natalia %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:1787 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T ANALISIS KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN MENYIMPULKAN PADA MATERI KOLOID DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING %U http://digilib.unila.ac.id/1787/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengkomunikasikan dan menyimpulkan pada materi sistem koloid melalui penerapan model pembela-jaran inkuiri terbimbing untuk siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA5 Tahun Ajaran 2012/2013 SMA Perintis 1 Bandar Lampung yang berjumlah 40 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan one –shot case study design. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa keterampilan meng-komunikasikan, pada kelompok tinggi terdapat 70% siswa berkriteria sangat baik, dan 30% siswa berkriteria baik; Kelompok sedang terdapat 45,83% siswa berkriteria sangat baik, 41,67% siswa berkriteria baik dan 12,50% siswa ber-kriteria cukup. Kelompok rendah terdapat 16,67% siswa berkriteria sangat baik, 33,33% siswa berkriteria baik, dan 50% siswa berkriteria cukup. Untuk ke-terampilan siswa dalam menyimpulkan, pada kelompok tinggi terdapat 80% siswa berkriteria sangat baik, dan 20% siswa berkriteria baik; Kelompok sedang Maria Dwi Natalia terdapat 66,67% siswa berkriteria sangat baik, dan 33,33% siswa berkriteria baik; Kelompok rendah terdapat 33,33% siswa berkriteria sangat baik, 66,67% siswa berkriteria baik. Kata kunci : inkuiri terbimbing, keterampilan mengkomunikasikan, keterampilan menyimpulkan, kelompok kognitif