@misc{eprints1788, month = {Agustus}, title = {ANALISIS KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MEMPREDIKSI PADA MATERI KOLOID DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING}, author = {MIFTA HANIFA Nofrizal}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/1788/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan siswa dalam mengelompokkan dan memprediksi pada materi koloid menggunakan model pembelajaran Problem Solving untuk siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan pre-eksperimen dengan one shot case study. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasar-kan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa untuk keterampilan menge-lompokkan, pada kelompok tinggi 10\% siswa berkriteria sangat baik, 70\% siswa berkriteria baik, dan 20\% siswa lainnya berkriteria cukup. Pada kelompok sedang 15\% siswa berkriteria sangat baik, 50\% siswa berkriteria baik, dan 35\% siswa lainnya berkriteria cukup. Pada kelompok rendah 10\% siswa berkriteria sangat baik, 60\% siswa berkriteria cukup, dan 30\% siswa lainnya berkriteria cukup. Untuk keterampilan memprediksi pada kelompok tinggi 20\% siswa berkriteria sangat baik, 50\% siswa berkriteria baik, dan 30\% Mifta Hanifa siswa lainnya berkriteria cukup. Pada kelompok sedang, 30\% siswa berkriteria sangat baik, 40\% siswa berkriteria baik dan 30\% siswa lainnya berkriteria cukup. Pada kelompok rendah, 40\% siswa berkriteria baik, dan 50\% siswa berkriteria cukup, dan 10 \% siswa lainnya berkriteria kurang. Kata kunci : Problem Solving, keterampilan mengelompokkan, dan keterampilan memprediksi.} }