%0 Journal Article %A 0853023027, Lia Andesta %D 2011 %F eprints:17889 %J Digital Library %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI REAKSI OKSIDASI-REDUKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN PENGUASAAN KONSEP PADA SISWA %U http://digilib.unila.ac.id/17889/ %X Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Negeri 13 Bandar Lampung, diketahui bahwa proses pembelajaran pada materi reaksi oksidasi-reduksi masih menggunakan metode ceramah, yang diselingi dengan latihan soal dan tanya jawab, serta siswa tidak dilibatkan dalam menemukan konsep. Hal ini belum sesuai dengan KTSP yang proses pembelajarannya harus berpusat pada siswa. Salah satu model pembelajaran yang mampu melibatkan siswa dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran yang bersifat kontruktivisme, yaitu learning cycle 3E yang terdiri dari 3 fase yaitu fase eksplorasi (exploration), fase penjelasan konsep (explaination) dan fase penerapan konsep (elaboration). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran learning cyle 3E pada materi reaksi oksidasi-reduksi dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 13 Bandar Lampung. Lia Andesta Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dan didapatkan kelas X4 dan X5 sebagai sampel. Jenis penetian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 3E diukur berdasarkan perbedaan gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-gain keterampilan meng komunikasikan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,18 dan 0,67; dan rata-rata n-gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0.12 dan 0,27. Berdasarkan pengujian hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran Learning Cycle 3E memiliki keterampilan meng komunikasikan dan penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Learning Cycle 3E lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan meng komunikasikan dan penguasaan konsep siswa dibandingkan pembelajaran konvensional. Kata kunci: Learning Cycle 3E, keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep