%A NASIRUDDIN Samuni %T PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA %X Konsep kimia sebagian besar bersifat abstrak. Penyampaian materi dan sumber belajar yang kurang tepat oleh guru dapat menimbulkan persepsi siswa yang berbeda-beda, akibatnya banyak siswa menganggap bahwa kimia itu sulit untuk dipahami. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk menerangkan kon-sep abstrak adalah representasi kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembang-kan buku ajar berbasis representasi kimia, mendeskripsikan karakteristik buku ajar berbasis representasi kimia pada materi larutan penyangga, mendeskripsikan tang-gapan guru dan siswa terhadap buku ajar berbasis representasi kimia pada materi larutan penyangga, dan mengetahui kendala-kendala yang ditemui ketika mengem-bangkan buku ajar larutan penyangga berbasis representasi kimia. Metode pene-litian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan. Dari hasil uji coba terbatas diperoleh data bahwa kesesuaian isi buku ajar kimia dengan kuri-kulum sangat tinggi sebesar 82,5%, aspek grafika/kemenarikan sangat tinggi sebe-sar 95% dan tingkat keterbacaan sangat tinggi sebesar 89,55%. Siswa dan guru merespon baik buku ajar kimia yang dikembangkan. Kata kunci: buku ajar, larutan penyangga, representasi kimia %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints1789