%A Nina Susanti Agus %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KOLOID DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR FLEKSIBEL %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir fleksibel pada materi koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2012-2013 dengan kelas XI IPA2 dan kelas XI IPA3 sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel meng-gunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eks-perimen dengan Non equivalent Control Group Design. Efektivitas model pem-belajaran inkuiri terbimbing diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan berpikir fleksibel untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,59 dan 0,46. Berdasar-kan pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat kesimpulan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir fleksibel pada materi koloid. Kata kunci: pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir fleksibel %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints1790