creators_name: 0542011053, ARTANTO ADI P type: article datestamp: 2016-01-15 07:06:01 lastmod: 2016-01-15 07:06:01 metadata_visibility: show title: ANALISIS PENEGAKAN HUKUM TERHADAP IKLAN RAMALAN YANG DI TAYANGKAN OLEH MEDIA ELEKTRONIK ispublished: pub subjects: General full_text_status: public abstract: Kebudayaan masyarakat di Nusantara sejak dulu terkenal sangat beragam jenis nya dan masih terjaga dengan cukup baik keberadaan nya hingga saat ini, namun seiring dengan pembentukan Negara Republik Indonesia yang merupakan Negara hukum, menimbulkan konsekuensi penghapusan atau setidaknya mempersulit ruang bergerak bagi sebuah hasil budaya peninggalan masyarakat kuno Indonesia di masa lampau, Budaya yang dimaksud adalah ramalan. Ramalan dikategorikan oleh KUHP sebagai sebuah larangan yang termuat di dalam buku ketiga atau bagian terakhir dari tiga bagian aturan yang dimiliki oleh kitab ini dan dikarenakan aturan ini telah dikodifikasikan ke dalam KUHP dan membuat nya menjadi aturan formil yang memiliki konsekuensi berupa sanksi kepada para pelanggarnya. Maka dapat dikatakan budaya meramal yang dulu sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia telah mati dan tidak boleh dilakukan sama sekali di wilayah Republik Indonesia. Dalam skripsi ini akan dibahas beberapa masalah sebagai berikut. Bagaimanakah proses penegakan hukum terhadap iklan ramalan yang ditayangkan oleh media elektronik? Apakah faktor-faktor penghambat penegakan hukum terhadap iklan ramalan yang di tayangkan oleh media elektronik? Pendekatan masalah yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan yuridis normatif yaitu dengan cara mempelajari bahan-bahan pustaka yang ada hubungan dengan materi skripsi ini, serta pendekatan yuridis empirirs dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi-informasi dilapangan. Dan sumber data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data lapangan dan data kepustakaan. date: 2012-01-14 date_type: published publication: Digital Library refereed: TRUE citation: 0542011053, ARTANTO ADI P (2012) ANALISIS PENEGAKAN HUKUM TERHADAP IKLAN RAMALAN YANG DI TAYANGKAN OLEH MEDIA ELEKTRONIK. Digital Library. document_url: http://digilib.unila.ac.id/17904/1/ABSTRACT_Artanto_Adi_P.pdf