TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints1791 UR - http://digilib.unila.ac.id/1791/ A1 - Yubhar, Oktaria Gustina Y1 - 2014/08/09/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model siklus belajar Predict-observe-explain (POE) pada materi termokimia dalam meningkatkan keterampilan prediksi dan penguasaan konsep. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI IPA 1 SMA Gajah Mada Bandar Lampung semester ganjil tahun Pelajaran 2012-2013. Penelitian ini menggunakan metode Pre-experimental dengan one-group pretest-posttest design. Efektivitas model siklus belajar POE diukur berdasarkan gain ternormalisasinya. Hasil penelitian menun-jukkan bahwa rata-rata nilai n-gain keterampilan memprediksi sebesar 0,6 dan penguasaan konsep sebesar 0,7. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran POE pada materi termokimia efektif dalam meningkatkan keterampilan memprediksi dan penguasaan konsep dengan kriteria sedang. Kata kunci: pembelajaran POE , keterampilan siswa dalam memprediksi dan penguasaan konsep. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL BELAJAR PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN PADA MATERI TERMOKIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PREDIKSI DAN PENGUASAAN KONSEP AV - restricted ER -