TY - JOUR ID - eprints17944 UR - http://digilib.unila.ac.id/17944/ A1 - 0853023057, Yuliana Y1 - 2011/// N2 - Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik model pembelajaran learning cycle 3E yang efektif dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep pada materi reaksi oksidasi-reduksi. Model pembelajaran learning cycle 3E adalah pembelajaran yang dilakukan melalui serangkaian tahap (fase pembelajaran) Fase-fase pembelajaran meliputi: (1) fase eksplorasi (exploration); (2) fase penjelasan konsep (explaination); dan (3) fase penerapan konsep (elaboration). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMA Negeri 13 Bandar Lam pung tahun pelajaran 2011-2012 yang berjumlah 239 siswa. Sampel dalam pene litian ini adalah kelas X4 sebagai kelas kontrol dan kelas X5 sebagai kelas eksperimen yang diambil dengan cara teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran learning cycle 3E diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Yuliana Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan inferensi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,19 dan 0,52; dan rerata n-Gain penguasaaan konsep untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,12 dan 0,27. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran learning cycle 3E memiliki keterampilan inferensi dan penguasaan konsep siswa yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran learning cycle 3E efektif dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep siswa. Kata kunci: Learning Cycle 3E, keterampilan inferensi dan penguasaan konsep JF - Digital Library TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI REAKSI OKSIDASI- REDUKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP AV - restricted ER -