@article{eprints18005, title = {PENGGUNAAN MODEL JIGSAW DALAM MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DIKELAS VIIIB SMPN I SEKAMPUNG UDIK TAHUN PELAJARAN 2011-2012 }, author = {DESILAWATI 1013132002}, year = {2013}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/18005/}, abstract = {Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada mata pelajara Pkn Siswa kelas VIII B SMPN I Sekampung Udik. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat siklus dan terdiri dari empat rangkaian kegiatan dalam setiap siklusnya. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan dalam penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar dan aktivitas siswa kelas VIII B SMPN 1 Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur, hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan prestasi belajar dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran siklus 1, siklus 2 dan siklus 3. Pada Siklus 1 peningkatan prestasi belajar 64\%, Siklus 2 67\% dan Siklus 3 72\%. Aktivitas siswa pada Siklus 1 59\%, Siklus 2 79\% dan Siklus 3 83\% . Kata kunci : Model Jigsaw, prestasi belajar, aktivitas belajar. } }