%0 Generic %A Zulkifli, CICI ZULFA KIRANA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:1802 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Terbanggi Besar Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013) %U http://digilib.unila.ac.id/1802/ %X Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMPN 1 Terbanggi Besar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Terbanggi Besar tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik Purposive Random Sampling. Berdasarkan hasil analisis data dan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran tipe Make A Match lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran konvensional. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran tipe Make A Match terhadap pemahaman konsep matemattis siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Pemahaman Konsep Matematis.