title: PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA creator: 0613022004, Merry Zia Ambarini subject: description: Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran fisika kelas VII-D SMP Budaya Bandar Lampung, diketahui bahwa pembelajaran fisika yang dilakukan guru selama ini menggunakan metode konvensional. Sehingga guru lebih aktif dan siswa pasif selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa pada pembelajaran menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS). Subjek penelitian ini adalah kelas VII-D SMP Budaya Bandar Lampung yang berjumlah 40 orang, yang terdiri dari 28 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu sebesar 59,0, pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 8,3% menjadi 67,3 dan pada siklus III terjadi peningkatan sebesar 12,7% menjadi 80,0. Hasil belajar fisika siswa pada siklus I sebesar 40,5 pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 18,3% menjadi 58,87 dan pada siklus III terjadi peningkatan sebesar 12,3% menjadi 71,25. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, Think Pair Share. date: 2016-01-14 type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/18035/1/0613022004-abstrak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/18035/2/0613022004-kesimpulan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/18035/3/0613022004-pendahuluan.pdf identifier: 0613022004, Merry Zia Ambarini (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA. Digilib Library. relation: http://digilib.unila.ac.id/18035/