%0 Journal Article %A 0613022030, FITRIA BUDIANI %D 2016 %F eprints:18038 %J Digilib Library %T PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DALAM KELOMPOK PRAKTIKUM DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA %U http://digilib.unila.ac.id/18038/ %X Rendahnya hasil belajar siswa mengindikasikan belum optimalnya pembelajaran yang dilakukan. Hal ini dilihat dari hasil belajar fisika siswa SMA N 13 Bandar Lampung kelas X 6 masih rendah yaitu 58,5 dan nilai praktek fisika 59,5, sedangkan standar nilai KKM yang ditetapkan untuk kelas X adalah 60 Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana partisipasi siswa dalam kelompok praktikum dengan pembelajaran berbasis masalah, (2) bagaimana peningkatan prestasi belajar fisika siswa dalam kelompok praktikum dengan pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan partisipasi siswa dalam kelompok praktikum dengan pembelajaran berbasis masalah, (2) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa dalam kelompok praktikum pembelajaran berbasis masalah. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa (1) partisipasi siswa dalam Fitria Budiani kelompok praktikum meningkat dari siklus pertama 10.53% menjadi 36.84% atau mengalami peningkatan 26.31% pada siklus kedua dan menjadi 71.05% atau mengalami peningkatan 34.21% pada siklus ketiga (2) prestasi belajar siswa meningkat dari siklus siklus pertama 55.26% menjadi 81.58% atau mengalami peningkatan 26.32% pada siklus kedua dan meningkat menjadi 84.21% atau mengalami peningkatan 2.63% pada siklus ketiga. Kata kunci: berbasis masalah, partisipasi, prestasi be