@misc{eprints1807, month = {September}, title = {EFEKTIVITAS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 20 BandarLampung Tahun Pelajaran 2012/2013)}, author = {Dewi Herlinda Sukar Raden}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/1807/}, abstract = {Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan PMR dengan pembelajaran konvensional. PMR merupakan pembelajaran yang bermula pada masalah riil dan siswa dibimbing menemukan konsep matematika pada masalah riil tersebut. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013 dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIID dan kelas VIIIF yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest control design. Berdasarkan analisis data, dari hasil uji hipotesis diperoleh simpulan bahwa secara umum nilai rata-rata pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran PMR lebih efektif daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Jadi, pembelajran dengan PMR lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Kata kunci : efektivitas, pemahaman konsep, pendekatan matemarika realistik.} }