%0 Generic %A kandung, ENDAH WIDYASTUTI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:1808 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Trimurjo Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013) %U http://digilib.unila.ac.id/1808/ %X Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe NHT ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Trimurjo tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 210 siswa yang terdistribusi dalam tujuh kelas (VII.A-VII.G) dan sampel diambil secara purposive sampling sehingga diperoleh kelas VII.E sebagai kelas eksperimen dan VII.C sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini adalah post-test only control design. Data penelitian berupa nilai pemahaman konsep matematis siswa yang diperoleh malalui posttest. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa rata-rata nilai pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi dari pembelajaran konvensional. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci : Efektivitas, NHT, Pemahaman Konsep Matematis