TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints1809 UR - http://digilib.unila.ac.id/1809/ A1 - Nasirudin, Evi Riantika Y1 - 2014/08/25/ N2 - Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. CIRC merupakan suatu model pembelajaran kooperatif yang me-ngelompokkan siswa dalam kelompok kecil yang terdiri dari empat atau lima orang tiap kelompoknya untuk mendiskusikan suatu masalah. Desain yang di-gunakan adalah posttest only design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Pelita Cabang Empat Abung Selatan tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII B dan VII C yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil uji hipotesis dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CIRC berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci : CIRC , pemecahan masalah matematis PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA ( Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Pelita Cabang Empat Tahun Pelajaran 2012/2013) AV - restricted ER -