creators_name: Nn, Ahmad Victorrys Putranegara type: article datestamp: 2016-01-15 08:17:54 lastmod: 2016-01-15 08:17:54 metadata_visibility: show title: PENGARUH KOMUNIKASI PADA ORGANISASI PEMERINTAHAN TERHADAP PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintah Kabupaten Lampung Timur) ispublished: pub subjects: General full_text_status: public abstract: Pemerintah memiliki tugas dan fungsi sebagai pelayan publik dan sebagai penunjang lancarnya operasional program kebijakan, maka dibutuhkan sebuah kegiatan komunikasi organiasasi pemerintahan. Melalui kegiatan komunikasi dalam suatu organisasi pemerintahan diharapkan dapat memecahkan masalah dari persoalan yang dihadapi. Secara umum kegiatan komunikasi yang tampak dalam organisasi pemerintahan khususnya Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintah Kabupaten Lampung Timur belum menjadi kegiatan yang dianggap penting, selain itu masih banyak masyarakat yang belum mengetahui persyaratan-persyaratan pembuatan dokumen kependudukan dan pecatatan sipil. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut dan memberikan sedikit masukan tentang pengaruh komunikasi dalam organisasi pemerintahan dalam hal ini pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintah Kabupaten Lampung Timur. Komunikasi yang dilakukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintah Kabupaten Lampung Timur berbentuk komunikasi internal dan eksternal. Bentuk komunikasi internal dan eksternal yang dilakukan adalah komunikasi interpersonal, kelompok dan komunikasi publik. Tujuan komunikasi pada hakekatnya adalah mencapai pengertian bersama antara komunikator dan komunikan, baik terhadap pengetahuan (kognitif), sikap (afektif) dan kecenderungan perilaku (konatif). Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi dalam organisasi pemerintahan terhadap peningkatan pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintah Kabupaten Lampung Timur. Metode penelitian ini adalah metode deskriptip korelatif dangan menggunakan analisis kuantitatif, Sumber data yang didapat yaitu data primer melalui penyebaran kuisioner dan data sekunder didapat melalui dokumentasidokumentasi seperti peraturan pemerintah dan literatur (studi kepustakaan), observasi serta wawancara. Teknik analisis data menggunakan editing dan pengolahan data dalam bentuk tabulasi hasil jawaban responden kemudian dilakukan analisis data menggunakan metode Analisis Kuantitatif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh komunikasi dalam organisasi pemerintahan dalam meningkatkan pelayanan publik, pengaruh komunikasi yang paling besar adalah komunikasi internal kepada peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku birokrasi terhadap peningkatan pelayanan publik. Saran peneliti hendaknya dalam proses pemerintahan khususnya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintah Kabupaten Lampung Timur komunikasi baik internal sesama pegawai maupun eksternal terhadap masyarakat harus ditingkatkan, hal ini bertujuan agar pelayanan publik di dalam organisasi pemerintah dapat berjalan maksimal. Kata Kunci : Komunikasi, Pelayanan Publik Abstract Government has duty dan function as government service and also give an easy way oprational policy program, it needs a government organitation communication activity. Through communication activity in government organitation it expected can solve the problem in a general activity of communication its look like in government organitation especialy society duty and also data governmental in government of East Lampung, think that activity is important yet, beside that stil much people could not understand document requirment civil data governmental. The writer interest to do research and give a litle advice about communication influence in government organitation. In this case a duty society and civil data governmental of East Lampung doing are internal and eksternal. Internal communication and eksternal communication are basicly comunication throgh understanding together betwen communicator and communican, including with knowledge (cognitive), (afective) and behaviour (conative). Intention of research is to know communication influence in government organitation trough public service increase at duty society and civil data governmental of East Lampung. The research methode is descriptive corelative methode with quantittive. Data resources are pimer data with quesioner and secunder data with documentataion example, government rules and litarist, observation, interview. Analys tecnique data use editing and data research in tabulation answer of responden, and than doing by data analys use quantitative. From this research, communication influence in government organitation to increase public service, the biggest influence is internal communication toward increase the knowledge,atitude and behavior oriented bireucracy to public service increase. Advice the writer is, being the process of government especialy in a duty society and civil data government of East Lampung the communication of East Lampung the communication of internal betwen employe, and eksternal with society should be increase, this thing have intention for government to maximalise a public service in organitation. Keyword : Communication, Public Services date: 2012-01-15 date_type: published publication: Digital Library refereed: TRUE citation: Nn, Ahmad Victorrys Putranegara (2012) PENGARUH KOMUNIKASI PADA ORGANISASI PEMERINTAHAN TERHADAP PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintah Kabupaten Lampung Timur). Digital Library. document_url: http://digilib.unila.ac.id/18181/1/ABSTRAK.pdf