?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PENGGUNAAN+MULTIMEDIA+INTERAKTIF+TERHADAP+PENGUASAAN+MATERI+DAN+AKTIVITAS+BELAJAR+SISWA+PADA+MATERI+CIRI-CIRI+MAKHLUK+HIDUP%0D%0A(Kuasi+Eksperimental+pada+Siswa+Kelas+VII+Semester+Genap+SMP+Muhammadiyah+3+Bandar+Lampung+Tahun+Pelajaran+2014%2F2015)&rft.creator=Harry+Haryono%2C+0813024032&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=P+Philology.+Linguistics&rft.description=Hasil+observasi+dan+wawancara+dengan+guru+IPA+kelas+VII+SMP+Muhammadiyah+3+Bandar+Lampung+menunjukkan+bahwa+penguasaan+materi+siswa+masih+rendah.+Salah+satu+alternatif+yang+dapat+digunakan+untuk+meningkatkan+penguasaan+materi+dan+aktivitas+belajar+siswa+adalah+penggunaan+multimedia+interaktif.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+penggunaan+multimedia+interaktif+dalam+meningkatkan+penguasaan+materi+dan+aktivitas+belajar+oleh+siswa.+Penelitian+ini+merupakan+kuasi+eksperimental+dengan+desain+pretest-posttest+kelompok+tak+ekuivalen.+Sampel+penelitian+adalah+siswa+kelas+VIIC+dan+VIID+yang+dipilih+secara+purposive+sampling.+Data+kuantitatif+diperoleh+dari+rata-rata+nilai+N-gain+yang+dianalisis+secara+statistik+menggunakan+uji+U.+Data+kualitatif+berupa+data+skor+aktivitas+belajar%2C+serta+tanggapan+siswa+yang+diperoleh+dari+angket%2C+kemudian+dianalisis+secara+deskriptif.++Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+penguasaan+materi+oleh+siswa+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+dibandingkan+kelas+kontrol+dengan+rata-rata+N-gain+kelas+eksperimen+sebesar+49+dan+kelas+kontrol+sebesar+40.+Rata-rata+persentase+peningkatan+aktivitas+belajar+siswa+dalam+aspek+mengemukakan+pendapat%2Fide%2C+bekerjasama+dalam+kelompok%2C+mempresentasikan+hasil+diskusi%2C+dan+mengajukan+pertanyaan+yang+diamati+pada+kelas+eksperimen+yakni+60%2C32%25+yang+berkriteria+cukup+dengan+standar+deviasi+0%2C69.+Namun+pada+aspek+mempresentasikan+hasil+diskusi+rata-rata+persentase+aktivitas+belajar+siswa+yakni+48%2C41%25+yang+berkriteria+kurang.+Sedangkan+rata-rata+persentase+peningkatan+aktivitas+belajar+siswa+dalam+aspek+yang+diamati+pada+kelas+kontrol+lebih+rendah+dibandingkan+kelas+eksperimen+yakni+48%2C48+yang+berkriteria+kurang+dengan+standar+deviasi+0%2C57.+Namun+pada+aspek+mengemukakan+pendapat+atau+ide+dan+bekerjasama+dalam+kelompok+rata-rata+persentase+aktivitas+belajar+siswa+yakni+56%2C06+dan+55%2C30+yang+masing-masing+berkriteria+cukup.+Selain+itu%2C+sebagian+besar+siswa+memberikan+tanggapan+positif+terhadap+penggunaan+multimedia+interaktif.+Dengan+demikian%2C+pembelajaran+menggunakan+multimedia+interaktif+berpengaruh+dalam+meningkatkan+penguasaan+materi+dan+aktivitas+belajar+siswa+pada+materi+ciri-ciri+makhluk+hidup.%0D%0A%0D%0AKata+kunci+%3A+multimedia+interaktif%2C+penguasaan+materi%2C+aktivitas+belajar%2C+dan+ciri-ciri+makhluk+hidup&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2016-01-15&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F18204%2F1%2F1.%2520Cover%2520Depan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F18204%2F2%2F2.%2520Abstrak.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F18204%2F3%2F3.%2520Cover%2520Dalam.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F18204%2F4%2F4.%2520Halaman%2520Persetujuan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F18204%2F5%2F5.%2520Halaman%2520Pengesahan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F18204%2F6%2F6.%2520Pernyataan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F18204%2F7%2F7.%2520Riwayat%2520Hidup.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F18204%2F8%2F8.%2520Persembahan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F18204%2F9%2F9.%2520Motto.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F18204%2F10%2F10.%2520Sanwacana.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F18204%2F11%2F11.%2520Daftar%2520Isi.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F18204%2F12%2F12.%2520Daftar%2520Tabel.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F18204%2F13%2F13.%2520Daftar%2520Gambar.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F18204%2F14%2F1.%2520Bab%25201.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F18204%2F15%2F2.%2520Bab%25202.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F18204%2F16%2F3.%2520Bab%25203.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F18204%2F17%2F4.%2520Bab%25204.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F18204%2F18%2F5.%2520Bab%25205.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F18204%2F19%2F6.%2520Daftar%2520Pustaka.pdf&rft.identifier=++Harry+Haryono%2C+0813024032++(2016)+PENGARUH+PENGGUNAAN+MULTIMEDIA+INTERAKTIF+TERHADAP+PENGUASAAN+MATERI+DAN+AKTIVITAS+BELAJAR+SISWA+PADA+MATERI+CIRI-CIRI+MAKHLUK+HIDUP+(Kuasi+Eksperimental+pada+Siswa+Kelas+VII+Semester+Genap+SMP+Muhammadiyah+3+Bandar+Lampung+Tahun+Pelajaran+2014%2F2015).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.++++(Tidak+diterbitkan)++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F18204%2F