%A RINI MAYA SOFA Suwardi. %T PENGARUH MUSIK INSTRUMENTAL DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Bandarlampung Semester Genap T.A. 2012 ? 2013) %X Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan musik instrumental dalam pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Desain penelitian ini adalah post test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Bandarlampung tahun ajaran 2012 ? 2013 yang terdistribusi ke dalam delapan kelas. Sampel terdiri dari dua kelompok siswa. Kelompok siswa kelas VII.D sebagai kelas eksperimen dan VII.H sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan teknik purposive random sampling. Data penelitian berupa data pemahaman konsep matematika siswa yang diambil melalui tes. Data dianalisis dengan menggunakan Uji Mann-Whitney (Uji U). Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan musik instrumen-tal sebagai pengiring pembelajaran matematika tidak berpengaruh terhadap pema-haman konsep matematika siswa. Kata kunci: musik intrumental, pemahaman konsep matematika %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints1822