creators_name: Rika Permatasari, 0853024040 creators_id: rika.permatasari82@yahoo.com type: other datestamp: 2016-01-15 07:26:45 lastmod: 2016-01-15 07:26:45 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PERAN MANUSIA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimental Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 2 Talang Padang,Tanggamus TP. 20013/2014) ispublished: unpub subjects: L1 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Talang Padang dengan desain pretes-postes tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIb dan VIId yang dipilih secara Purposive Sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, posttest, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji-U, dan data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain eksperimen (68,89 ) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (44,51). Aktivitas belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar 79,04% lebih tinggi,Dibandingkan dengan kelas yang mengggunakan metode diskusi sebesar 73,96%. Dan aspek aktivitas yang diamati tertinggi pada kelas eksperimen yaitu mengajukan pertanyaan dengan kreteria baik sedangkan untuk kelas kontrol tertinggi pada bekerja sama dengan teman anggota kelompok dengan kreteria baik. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : STAD, Metode Diskusi, Aktivitas belajar, Hasil belajar, dan Pengelolaan Lingkungan date: 2016-12-31 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung institution: Universitas Lampung department: FKIP Pendidikan MIPA - Pendidikan Biologi thesis_type: other citation: Rika Permatasari, 0853024040 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PERAN MANUSIA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimental Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 2 Talang Padang,Tanggamus TP. 20013/2014). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. (Tidak diterbitkan) document_url: http://digilib.unila.ac.id/18233/1/1.%20Cover%20Depan%20Revisi%20hasil.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/18233/2/2.%20Abstrak.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/18233/3/3.%20Cover%20Dalem.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/18233/4/4.%20Halaman%20Persetujuan%20Revisi%20hasil.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/18233/5/5.%20Halaman%20pengesahan%20Revisi%20hasil.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/18233/6/6.%20Pernyataan%20skripsi%20mahasiswa%20Revisi%20hasil.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/18233/7/7.%20Riwayat%20Hidup.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/18233/8/8.%20Persembahan%20Revisi%20hasil.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/18233/9/9.%20Motto%20Revisi%20hasil.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/18233/10/10.%20Sanwacana.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/18233/11/11.%20Daftar%20Isi.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/18233/12/12.%20Daftar%20Tabel.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/18233/13/13.%20Daftar%20Gambar.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/18233/14/BAB%201.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/18233/15/BAB%202.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/18233/16/BAB%203.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/18233/17/BAB%204.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/18233/18/BAB%205.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/18233/19/Daftar%20Pustaka.pdf